Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Padi

Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Padi

Cara alami mengatasi hama penggerek batang tanaman padi – Penggerek batang padi putih (Scirpophaga innotata Walker, 1863) adalah ngengat yang termasuk dalam suku Crambidae. Larva hewan ini menjadi hama penting dalam budidaya padi. Gejala yang ditemukan sebelum padi berbunga disebut sebagai sundep dan gejala serangan yang dilakukan setelah malai keluar dikenal sebagai beluk. (sumber)

Hama penggerek termasuk hama pengganggu utama yang paling sering mengganggu tanaman padi. Hama ini menyerang tanaman pagi dari tahap persemaian hingga menjelang panen. Hama penggerek ini bisa menyebabkan kerusakan dan penurunan hasil panen, dan dampak paling parahnya adalah gagal panen. Tanaman padi yang terserang hama ini pada pucuknya akan menjadi layu. Ada 6 spesies penggerek tanaman padi, akan tetapi ada 4 spesies yang utama yakni penggerek batang padi putih, penggerek batang kuning, penggerek batang padi merah jambu, penggerek batang bergaris. Hama penggerek ini semakin bertambah banyak populasinya apabila dalam keadaan cuaca panas dan air tergenang. Adanya hama ini bisa diketahui dengan beberapa gejala pada tanaman padi seperti kering atau matinya daun padi.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hama penggerek batang padi ini salah satunya menerapkan pengaturan pola tanam seperti melakukan penanaman yang serempak pada area sawah secara keseluruhan. Namun biasanya cara yang paling sering digunakan adalah menggunakan pestisida bahan kimia untuk mengusir hama penggerek tersebut. hal tersebut sering terjadi karena beberapa orang pelaku usaha tani menganggap penggunaan pestisida dapat mengatasi hama dengan cepat, padahal belum tentu karena bahan kimia yang ada justru bisa merusak jika terlalu berlebihan dalam penggunaannya. Ada ramuan obat yang masih belum banyak orang tau, yakni asap cair liquid smoke. Asap cair liquid smoke ini terbuat dari bahan alami salah satunya tempurung kelapa, yang aman apabila diaplikasikan pada tanaman termasuk padi.

Asap cair yang digunakan dalam hal ini adalah asap cair grade c. Berikut ini adalah 3 langkah cara alami mengatasi hama penggerek batang tanaman padi:

  1. Siapkan asap cair liquid smoke grade c dan air bersih
  2. Campurkan asap cair dan air bersih dengan ketentuan 75-100 ml asap cair dengan 1 liter air bersih
  3. Lakukan penyemprotan pada tanaman dengan volume semprot 400-500 liter/hektar

Penyemprotan campuran asap cair dan air dilakukan setiap pagi dan sore secara rutin pada semua bagian tanaman padi. Asap cair ini bisa juga digunakan untuk membasmi atau mengatasi hama lain seperti hama thrips, kutu dan ulat grayak. Penggunaan asap cair sebagai pestisida berbahan alami memiliki dampak positif seperti tanaman mejadi sehat dan hasil panen pun aman dan tidak membahayakan kesehatan.

Madaniah toko produsen distributor jual ramuan asap cair harga murah bahan obat alami untuk mengusir hama ulat, thrips, penggerek pada tanaman padi. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Cara alami mengatasi hama penggerek batang tanaman padi

Tags: Asap Cair Hama Penggerek Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Padi"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Padi"