Obat Alami Mengendalikan Hama Ulat Grayak Tanaman Padi

Obat Alami Mengendalikan Hama Ulat Grayak Tanaman Padi

Obat alami mengendalikan hama ulat grayak tanaman padi – Ulat grayak termasuk hama yang mengganggu dan menyerang  tanaman padi selain hama thrips, kutu dan penggerek. Sebelumnya, ulat ini biasa disebut ulat tentara.  Ulat ini menyerang tanaman padi pada waktu malam hari. Pada siang hari, ulat grayak berada di dalam tanah atau tempat-tempat tersembunyi lain seperti di bawah tanaman padi. Tidak hanya padi yang diserang, akan tetapi tanaman sayur-sayuran seperti cabai, bawang merah, kedelai dan jagung.

Sama seperti hama penggerek batang tanaman padi, ulat grayak ini menyerang tanaman pada semua fase. Ulat grayak akan menyerang daun tanaman padi, dari helai kemudian ujung hingga akhirnya tulang daun yang akan mengakibatkan tanaman padi tanpa helai. Untuk tanaman padi yang sudah membentuk malai, terkadang ulat grayak memotong tankai malai. Selain itu, ulat grayak juga menyerang tanaman padi yang mulai menguning. Apabila tanaman padi yang sudah menguning tadi terserang, secara perlahan akan membusuk hingga mati dan pada akhirnya terjadi gagal panen. Kondisi sawah yanng kering menjadi faktor pendorong munculnya hama ulat grayak, itu sebabnya perlu pengairan pada sawah serta pengamatan dari awal untuk mengantisipasi munculnya hama ini.

Untuk mengendalikan populasi ulat grayak, bisa dengan memasang perangkap pada area sawah. Cara paling sering danbias a digunakan adalah dengan menggunakan insektisida bahan kimia. Penggunaan bahan kimia bagi beberapa orang masih di anggap sebagai cara paling ampuh dan praktis, padahal justru bisa merusak tanaman bahkan menyebabkan hama bertambah apabila digunakan secara  berlebihan. Ada ramuan obat alami mengendalikan hama ulat grayak tanaman padi ini, yakni dengan menggunakan asap cair liquid smoke. Asap cair terbuat dari bahan alami sehingga aman untuk tanaman.

Asap cair yang digunakan adalah asap cair grade c. Berikut ini adalah 4 langkah penggunaan asap cair sebagai obat alami mengendalikan hama ulat grayak tanaman padi:

  1. Siapkan asap cair liquid smoke grade c dan air bersih
  2. Campurkan asap cair dan air bersih dengan ketentuan 75-100 ml asap cair dengan 1 liter air bersih
  3. Lakukan penyemprotan pada tanaman dengan volume semprot 400-500 liter/hektar
  4. Lakukan setiap pagi atau sore.

Penyemprotan dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Asap cair ini bisa juga digunakan untuk membasmi atau mengatasi hama lain seperti hama thrips, kutu dan penggerek batang padi. Madaniah toko produsen distributor jual ramuan asap cair harga murah bahan obat alami untuk mengusir. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Obat alami mengendalikan hama ulat grayak tanaman padi

Tags: Asap Cair Hama Ulat Grayak Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Obat Alami Mengendalikan Hama Ulat Grayak Tanaman Padi"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "Obat Alami Mengendalikan Hama Ulat Grayak Tanaman Padi"