Pengawet Alami Aman Untuk Bakso

Pengawet Alami Aman Untuk Bakso

Pengawet alami aman untuk bakso – Bakso atau bisa juga disebut baso adalah jenis bola daging yang biasa ditemukan pada masakan  di Indonesia. Bakso pada umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi  bakso juga tidak selalu terbuat dari daging sapi ada yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Bakso termasuk makanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia.

Para penjual pasti memiliki resep sendiri agar bakso yang dibuatnya terasa enak, termasuk cara pengawetannya agar tahan lama atau tidak mudah busuk atau bau. Apabila menggunakan formalin sebagai pengawetnya maka akan sangat berbahaya bagi konsumen terlebih lagi pemerintah melarang penggunaan formalin. Ada cara praktis dan cepat yang bisa digunakan untuk pengawet bakso yakni menggunakan asap cair. Asap cair  juga memiliki manfaat sebagai pengawet bakso yang aman dan legal. Asap cair yang digunakan untuk pengawet bakso adalah asap cair grade 1.

Asap cair (wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbonlainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya. Asap cair grade 1 adalah asap cair yang dihasilkan dari proses destilasi dan penyaringan dengan zeolit yang kemudian dilanjutkan dengan proses destilasi fraksinasi yang dilanjutkan lagi dengan penyaringan dengan arang aktif. Asap cair grade 1 memiliki ciri warna kuning pucat dan biasanya digunakan sebagai pengganti formalin dan untuk untuk bahan makanan siap saji seperti mie basah, bakso, maupun tahu.

Baca Juga  Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Padi

Ramuan Asap cair grade 1 ini aman ketika diaplikasikan pada makanan karena berbahan alami dan kandungan yang dimiliki sudah tidak ada senyawa yang berbahaya. penggunaan asap cair sebagai pengawet alami aman untuk bakso, simak langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan asap cair grade 1 dan air 1liter
  2. Campurkan 5 ml asap cair dengan 1 liter air adonan bakso
  3. Gunakan campuran tadi untuk membuat adonan bakso

Pada umumnya bakso yang memakai pengawet asap cair ini, efektif untuk penyimpanan selama kurang lebih 6 hari. Akan tetapi, kembali pada selera setiap orang yang berbeda-beda. Apabila dengan takaran tadi dirasa kurang atau berlebih bisa mengurangi takaran asap cair atau airnya sesuai selera masing-masing.

Kami Madaniah Toko Produsen Distributor Jual Harga Murah Asap Cair Liquid Smoke sebagai bahan pengawet alami untuk makanan, seperti bakso, mie basah dan tahu. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Pengawet alami aman untuk bakso

Tags: Asap Cair Bakso Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Pengawet Alami Aman Untuk Bakso"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "Pengawet Alami Aman Untuk Bakso"