Cara Efektif Penggumpal Getah Karet Menggunakan Asap Cair

Cara Efektif Penggumpal Getah Karet Menggunakan Asap Cair

Cara efektif penggumpal getah karet menggunakan asap cair – Karet termasuk salah satu penghasil devisa negara dalam kategori non-migas. Indonesia masuk dalam jajaran tiga besar negara yang menghasilkan karet, akan tetapi pasar internasional masih dikuasai oleh Malaysia dan juga Thailand. Jika bisa dikatakan, Indonesia memiliki luas lahan yang cukup akan tetapi tidak sebanding dengan produksi getah yang dihasilkan. Karena itulah, perlu diadakan peningkatan hasil getah karet untuk mengimbangi luas lahan yang dimilki Indonesia.

Dalam Industri karet, penggumpal (Koagulasi) getah karet merupakan salah satu faktor sangat berpengaruh. Ketersediaan Penggumpal (Koagulasi) yang berkualitas tinggi menjadi prasyarat bagi tumbuhnya industri pada sektor perkebunan karet yang maju. Penggumpalan pada getah karet merupakan bagian terpenting proses untuk menjadi karet yang nantinya akan didistribusikan. Salah satu cara efektif yang dapat dilakukan untuk menyokong proses penggumpalan getah karet dengan menggunakan asap cair.

Jika dibandingkan dengan penggumpalan dengan asam semut, penggunaan asap cair ini lebih efektif karena bisa mengurangi bau tak sedap ketika masih di kebun hingga ke pabrik pengolahan. Perlu diketahui bahwa penggunaan asam semut justru malah memicu bertumbuhnya bakteri yang menyebabkan munculnya ammonia dan sulfida (yang menyebabkan bau busuk pada getah karet).

Untuk menggumpalkan 200 liter getah karet, setiap kebun hanya membutuhkan 1 liter asap cair. Manfaat lain penggunaan asap cair ini adalah dapat meningkatkan mutu dan kualitas bokar (bahan olah karet), proses pembekuan lateks lebih cepat serta dapat membekukan lateks dengan sempurna dan dapat digunakan sebagai pencegah bau busuk lateks. Cara efektif penggumpal getah karet menggunakan asap cair adalah sebagai berikut:

  1. Encerkan Asap Cair Grade C terlebih dahulu. Pengenceran dilakukan dengan perbandingan 1:15 (1 liter asap cair untuk 15 liter air)
  2. Larutan hasil pencampuran Asap Cair Grade C dan air tersebut digunakan dengan Lateks dengan perbandingan 1:20 ( 1 bagian Asap Cair Grade C dicampurkan dengan 20 bagian lateks) perbandingan takaran ini tidak mengikat, karena tergantung kebutuhan setiap pabrik atau kebun.
  3. Dengan demikian, jika dihitung-hitung, 1 liter Asap Cair Grade C pekat dapat membekukan 3,5 Hektar getah dari kebun karet.

Asap Cair Grade C ini, juga dapat digunakan sebagai pengering sit asap (RSS) dari yang biasa 6 hari menjadi hanya 2 hari bila memakai Asap Cair-Grade C dan tidak memerlukan kayu bakar untuk mengeringkan RSS.

Kami Madaniah jual bahan koagulan standar industri harga murah untuk menggumpalkan getah karet dengan cara alami berkualitas. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Cara efektif penggumpal getah karet menggunakan asap cair

Tags: Asap Cair Penggumpal Getah Karet Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Cara Efektif Penggumpal Getah Karet Menggunakan Asap Cair"

    Obat Penghilang Bau Kotoran Kandang Ayam dan Bebek
    Obat Penghilang Bau Kotoran Kandang Ayam dan
    Proses Pengolahan Karet Alam Menggunakan Asap Cair
    Proses Pengolahan Karet Alam Menggunakan Asap Cair
    Cara Pemakaian Asap Cair Untuk Pengolahan Karet Alam
    Cara Pemakaian Asap Cair Untuk Pengolahan Karet
    Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan
    Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan Cara

    Leave a reply "Cara Efektif Penggumpal Getah Karet Menggunakan Asap Cair"