3 Cara Alami Mengembalikan Kesuburan Tanah

3 Cara Alami Mengembalikan Kesuburan Tanah

3 cara alami mengembalikan kesuburan tanah – Dalam sebuah pertanian hal yang termasuk pokok dan harus ialah lahan pertaniannya, jika tidak ada bagaimana kita akan menanam tanamannya. Akan tetapi ada lahan pertanian yang tidak bisa untuk langsung ditanami karena beberapa alasan seperti lahan tersebut baru saja selesai panen dan tidak bisa langsung ditanami atau kondisi tanah yang kering dan tandus. Tanah yang subur akan menghasilkan tanaman yang berkualitas baik. Namun sebaliknya, apabila tanah kurang subur maka tanaman yang dihasilkan kurang baik bahkan bisa saja tidak tumbuh.

Kesuburan tanah dipengaruhi oleh beberapa faktor kondisi tanah, unsur kimia yang terdapat dalam tanah, keberadaan makhluk hidup lain yang bisa menguntungkan atau merugikan dan iklim suatu wilayah seperti curah hujan, intensitas cahaya matahari, kelembaban udara. Selain itu, tanaman kesuburan tanah juga bergantung pada sifat tanaman yang akan ditanam. Jadi, kondisi tanah juga disesuaikan dengan tanaman yang akan ditanam.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada 3 cara alami mengembalikan kesuburan tanah aman dan praktis yang bisa dilakukan untuk mengembalikan atau meningkatkan kesuburan tanah. 3 cara tersebut adalah:

  1. Melakukan sistem irigasi yang baik dan benar (pengairan)
  2. Membajak lahan secara manual ataupun hewan atau alat modern seperti traktor
  3. Menggunakan asap cair liquid smoke

Dari 3 cara alami diatas, bisa lebih disarankan menggunakan asap cair liquid smoke yang tergolong mudah penggunaannya. Sebenarnya asap cair memilki banyak manfaat bagi pertanian akan tetapi kebanyakan orang belum mengetahui itu. Asap cair merupakan pengembunan dari uap hasil pembakaran dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya.

Asap Cair berfungsi sebagai hormon atau enzim, dapat memacu suatu proses reaksi yang perananya seperti hormon. Proses perbaikan lahan semakin cepat, sehingga nutrisi tanah bisa diserap lebih banyak. Kemungkinan lain asap cair sebagai enzim berperan sebagai katalis yang mempercepat reaksi, sehingga perbaikan lahan lebih cepat dan sempurna. Selain itu, karena asap cair berasal dari bahan alami jadi kondisi tanah pun tetap aman.

Asap cair yang digunakan untuk mengembalikan kesuburan tanah adalah asap cair grade c. Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaannya.

  1. Mencampurkan asap cair grade c dan air bersih dengan takaran 1:50
  2. Tuangkan campuran tadi pada tanah yang kurang subur

Asap cair memiliki fungsi meningkatkan kualitas kesuburan tanah. Selain itu juga asap cair juga berfungsi untuk menetralisir asam tanah. Selain dengan langkah di atas, diharapkan juga untuk terus mengecek bagaimana kondisi tanah setelah di beri asap cair.

Kami Madaniah toko produsen distributor jual obat pupuk bahan organik harga murah untuk mengembalikan kesuburan tanah. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

3 Cara Alami Mengembalikan Kesuburan Tanah

Tags: Asap Cair Kesuburan Tanah Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "3 Cara Alami Mengembalikan Kesuburan Tanah"

    Obat Penghilang Bau Kotoran Kandang Ayam dan Bebek
    Obat Penghilang Bau Kotoran Kandang Ayam dan
    Proses Pengolahan Karet Alam Menggunakan Asap Cair
    Proses Pengolahan Karet Alam Menggunakan Asap Cair
    Cara Pemakaian Asap Cair Untuk Pengolahan Karet Alam
    Cara Pemakaian Asap Cair Untuk Pengolahan Karet
    Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan
    Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan Cara

    Leave a reply "3 Cara Alami Mengembalikan Kesuburan Tanah"