3 Resep Pengawet Alami Untuk Mie Basah

3 Resep Pengawet Alami Untuk Mie Basah

3 resep pengawet alami untuk mie basah – Mie adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Ada mie yang dibuat langsung dimasak dan dikonsumsi, ada juga yang dibuat kering dahulu untuk dijual baru kemudian dimasak sesuai selera. Jenis makanan yang berbahan utama mie adalah mie ayam, mie instan dan selain itu ada juga mie yang biasanya disajikan bersama dengan bakso.

Mie termasuk dalam makanan yang cukup bahkan bisa dikatakan sangat digemari masyarakat Indonesia. Akan tetapi, mie termasuk makanan yang tidak bisa tahan terlalu lama. Apalagi jika itu adalah mie basah, daya simpannya sangat singkat. Karena itulah, diperlukan pengawetan untuk olahan mie terutama pada mie basah agar bisa bertahan lebih lama. Orang-orang tidak bertanggung jawab sering menggunakan formalin yang bahaya dan dilarang sebagai bahan pengawetan mie tanpa melihat efek yang bisa ditimbulkan. Oleh karena itu ada solusi lain yang cukup efektif untuk pengawet mie basah yang terbuat dari bahan alami dan juga dibolehkan, yaitu asap cair.

Asap cair (wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbonlainnya. Asap cair yang digunakan untuk pengawet mie adalah asap cair grade 1. Asap cair grade 1 memiliki ciri warna kuning pucat dan biasanya digunakan sebagai pengganti formalin dan untuk untuk bahan makanan siap saji seperti mie basah, bakso, maupun tahu.

Baca Juga  3 Cara Alami Mengobati Kurap Pada Kucing Peliharaan

Asap cair terbuat dari bahan alami sehingga aman jika digunakan untuk makanan. Berikut ini adalah 3 resep pengawet alami untuk mie basah dengan asap cair atau liquid smoke:

  1. Siapkan asap cair grade 1 dan air bersih untuk adonan mie basah
  2. Campurkan asap cair grade 1 dan air untuk adonan mie basah (5 ml asap cair grade 1 dengan 1 liter air untuk adonan)
  3. Kemudian, gunakan campuran tadi untuk membuat adonan mie basah.

Pada umumnya mie yang memakai pengawet asap cair ini, tahan dan efektif untuk penyimpanan selama kurang lebih 3 hari. Apabila dengan takaran tersebut dirasa masih kurang atau malah terlalu berlebihan dan menimbulkan bau, bisa mengubah takaran sesuai dengan kebutuhan.

Madaniah toko produsen distributor jual bahan alternatif  pengganti obat formalin boraks harga murah untuk pengawet alami mie basah, bakso dan tahu. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

3 resep pengawet alami untuk mie basah

Tags: Asap Cair Mie Basah Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "3 Resep Pengawet Alami Untuk Mie Basah"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "3 Resep Pengawet Alami Untuk Mie Basah"