3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya

3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya

3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya. Asap cair (bahasa Inggris: wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya.[1] Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya. Selama pembakaran, komponen dari kayu akan mengalami pirolisa menghasilkan berbagai macam senyawa antara lain fenol, karbonil, asam, furan, alkohol, lakton, hidrokarbon, polisiklik aromatik dan lain sebagainya.[2] Asap cair mempunyai berbagai sifat fungsional, seperti ; untuk memberi aroma, rasa dan warna karena adanya senyawa fenol dan karbonil ; sebagai bahan pengawet alami karena mengandung senyawa fenol dan asam yang berperan sebagai antibakteri dan antioksidan[3]; sebagai bahan koagulan lateks pengganti asam format serta membantu pembentukan warna coklat pada produk sit. Sumber

 

3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya

3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya

3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya

  1. Asap cair grade 3 tak dapat digunakan untuk pengawet makanan, karena masih banyak mengandung tar yang karsinogenik. Asap cair grade 3 tidak digunakan untuk pengawet bahan pangan, tapi dipakai pada pengolahan karet penghilang bau dan pengawet kayu biar tahan terhadap rayap. Cara penggunaan asap cair grade 3 untuk pengawet kayu agar tahan rayap dan karet tidak bau adalah 1 cc asap cair grade 3 dilarutkan dalam 300 mL air, kemudian disemprotkan atau merendam kayu ke dalam larutan.
  2. Asap cair grade 2 dipakai untuk pengawet makanan sebagai pengganti formalin dengan taste asap (daging asap, ikan asap/bandeng asap) berwarna kecoklatan transparan, rasa asam sedang, aroma asap sedang. Cara penggunaan asap cair grade 2 untuk pengawet ikan adalah celupkan ikan yang telah dibersihkan ke dalam 25 persen asap cair dan tambahkan garam. Biasanya ikan yang diawetkan dengan menggunakan asap cair grade 2 bisa tahan selama tiga hari.
  3. Asap cair grade 1 digunakan sebagai pengawet makanan siap saji seperti bakso, mie, tahu, bumbu-bumbu barbaque. Asap cair grade 1 ini berwarna bening, rasa sedikit asam, aroma netral dan merupakan asap cair paling bagus kualitasnya serta tidak mengandung senyawa yang berbahaya untuk diaplikasikan ke produk makanan. Cara menggunakan asap cair grade 1 untuk pengawet makanan siap saji adalah 15 cc asap cair dilarutkan dalam 1 liter air, kemudian campurkan larutan tersebut ke dalam 1 kg adonan bakso, mie atau tahu. Saat perebusan juga digunakan larutan asap cair dengan kadar yang sama dilarutkan dalam adonan makanan. Biasanya bakso yang memakai pengawet asap cair grade 1 bisa tahan penyimpanan selama 4-5 hari.

Untuk mengetahui daftar harga asap cair terbaru, silahkan KLIK DISINI

Kami memproduksi asap cair untuk obat, farmasi, pembasmi hama pengawet dan pengolahan makanan. Menerima pemesanan luar kota dan luar pulau Jawa. Untuk informasi, konsultasi, dan pemesanan silahkan datang ke kantor/workshop kami atau menghubungi nomor pemasaran kami Selama jam kerja, 08.00-16.00. Klik Alamat Madaniah untuk mengetahui alamat dan nomor kontak kami.

Selamat Berbelanja…

3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya

Tags: Produsen Asap Cair

Related Post "3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya"

Pengiriman Asap Cair Tempurung Batok Kelapa Pilangkenceng Madiun
Produsen Toko Penjual Asap Cair Pilangkenceng Madiun
Produsen Toko Penjual Asap Cair Jekan Raya Palangka Raya
Produsen Toko Penjual Asap Cair Jekan Raya
Pengiriman Asap Cair Tempurung Batok Kelapa Wonogiri Jawa Tengah
Produsen Toko Penjual Asap Cair Wonogiri Jawa
Pengiriman Asap Cair Tempurung Batok Kelapa Wargamekar Bandung
Produsen Toko Penjual Asap Cair Wargamekar Bandung

Leave a reply "3 Jenis Asap Cair Batok Kelapa Manfaat Dan Kegunaannya"