Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan

Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan

Cara meningkatkan kualitas kulit binatang saat penyamakanDi Indonesia, ada banyak tempat yang menjadi sentra pengerajin kulit, seperti tanggulangin di sidoarjo dan juga manding di jogja. Hampir semua jenis hewan ternak dapat diambil kulitnya untuk selanjutnya disamak. Beberapa macam hewan yang kulitnya dibuat menjadi kerajinan adalah sapi, kambing, domba, kerbau, kuda, kelinci dan juga bison. Ada beberapa hewan ‘liar’ yang juga diambil kulitnya. Contohnya adalah kijang atau rusa, ular, biawak, buaya dan beberapa reptil lainnya.

Penyamakan kulit merupakan proses memperbaiki karakteristik kulit mentah yang labil atau mudah rusak, menjadi kulit olahan (leather) yg lebih awet atau tahan lama. Kulit hewan yang belum diolah sangat rentan oleh pengaruh eksternal seperti pengaruh cuaca sehingga menjadi busuk. Melalui teknologi penyamakan atau tanning membuat kulit yang mudah rusak berubah menjadi kering, keras serta kaku sehingga lebih awet. Hasil penyamakan yang bagus atau berkualitas tinggi mempengaruhi kulitas barang yang akan dibuat, dan tentu juga akan mempengaruhi harga barang tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas kulit pada saat penyamakan ada banyak cara yang dilakukan oleh masing-masing orang. Cara atau teknik yang terbukti efektif dan cepat untuk meningkatkan kualitas kulit adalah dengan memberi asap cair pada saat proses perendaman. Asap cair yang dapat di gunakan adalah asap cair grade c dengan perbandingan 100ml asap cair : 1000ml air bersih (satu liter air).

Baca Juga  4 Langkah Mengobati Luka Borok Hewan Ternak

Asap cair (wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbonlainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya. (sumber)

Madaniah toko produsen distributor jual bahan alami aman asap cair harga murah untuk meningkatkan kualitas kulit binatang sapi, kambing, domba, ular dan lain-lain. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Cara meningkatkan kualitas kulit binatang saat penyamakan

Tags: Asap Cair Penyamakan Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan"