Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan
Kulit Binatang Saat Penyamakan

Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan

Diposting pada 50 views

Cara Meningkatkan Kualitas Kulit Binatang Saat Penyamakan

Cara meningkatkan kualitas kulit binatang saat penyamakanDi Indonesia, ada banyak tempat yang menjadi sentra pengerajin kulit, seperti tanggulangin di sidoarjo dan juga manding di jogja. Hampir semua jenis hewan ternak dapat diambil kulitnya untuk selanjutnya disamak. Beberapa macam hewan yang kulitnya dibuat menjadi kerajinan adalah sapi, kambing, domba, kerbau, kuda, kelinci dan juga bison. Ada beberapa hewan ‘liar’ yang juga diambil kulitnya. Contohnya adalah kijang atau rusa, ular, biawak, buaya dan beberapa reptil lainnya.

Penyamakan kulit merupakan proses memperbaiki karakteristik kulit mentah yang labil atau mudah rusak, menjadi kulit olahan (leather) yg lebih awet atau tahan lama. Kulit hewan yang belum diolah sangat rentan oleh pengaruh eksternal seperti pengaruh cuaca sehingga menjadi busuk. Melalui teknologi penyamakan atau tanning membuat kulit yang mudah rusak berubah menjadi kering, keras serta kaku sehingga lebih awet. Hasil penyamakan yang bagus atau berkualitas tinggi mempengaruhi kulitas barang yang akan dibuat, dan tentu juga akan mempengaruhi harga barang tersebut.

Untuk meningkatkan kualitas kulit pada saat penyamakan ada banyak cara yang dilakukan oleh masing-masing orang. Cara atau teknik yang terbukti efektif dan cepat untuk meningkatkan kualitas kulit adalah dengan memberi asap cair pada saat proses perendaman. Asap cair yang dapat di gunakan adalah asap cair grade c dengan perbandingan 100ml asap cair : 1000ml air bersih (satu liter air).

Asap cair (wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbonlainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya.

Asap cair mempunyai berbagai sifat fungsional, seperti ; untuk memberi aroma, rasa dan warna karena adanya senyawa fenol dan karbonil ; sebagai bahan pengawet alami karena mengandung senyawa fenol dan asam yang berperan sebagai antibakteri dan antioksidan sebagai bahan koagulan lateks pengganti asam format serta membantu pembentukan warna coklat pada produk sit.

Asap merupakan sistem komplek yang terdiri dari fase cairan terdispersi dan medium gas sebagai pendispersi[1]. Asap diproduksi dengan cara pembakaran tidak sempurna yang melibatkan reaksi dekomposisi konstituen polimer menjadi senyawa organik dengan berat molekul rendah karena pengaruh panas yang meliputi reaksi oksidasi, polimerisasi dan kondensasi. Jumlah partikel padatan dan cairan dalam medium gas menentukan kepadatan asap. Selain itu asap juga memberikan pengaruh warna rasa dan aroma pada medium pendispersi gas.

Sifat dari asap cair dipengaruhi oleh komponen utama yaitu selulosa, hemiselulosa dan lignin yang proporsinya bervariasi tergantung pada jenis bahan yang akan di pirolisis. Proses pirolisis sendiri melibatkan berbagai proses reaksi diantaranya dekomposisi, oksidasi, polimerisasi dan kondensasi.

Hemiselulosa adalah komponen kayu yang mengalami pirolisa paling awal menghasilkan fural, furan, asam asetat dan homolognya. Hemiselulosa tersusun dari pentosan dan heksosan dan rata-rata proporsi ini tergantung pada jenis kayu. Pirolisis dari pentosan membentuk furfural, fural dan turunannya beserta suatu seri yang panjang dari asam karboksilat. Bersama-sama dengan selulosa, pirolisis heksosan membentuk asam asetat dan homolognya Dekomposisi hemiselulosa terjadi pada suhu 200-250 oC. Fenol dihasilkan dari dekomposisi lignin yang terjadi pada suhu 300 oC dan berakhir pada suhu oC[2]. Proses selanjutnya yaitu pirolisa selulosa menghasilkan senyawa asam asetat dan senyawa karbonil seperti asetaldehid, glikosal dan akreolin. Pirolisa lignin akan menghasilkan senyawa fenol, guaikol, siringol bersama dengan homolog dan derivatnya(sumber)

Madaniah toko produsen distributor jual bahan alami aman asap cair harga murah untuk meningkatkan kualitas kulit binatang sapi, kambing, domba, ular dan lain-lain. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami.