Cara Aman Mengatasi Jamur Bakteri Pada Tanaman Karet

Cara Aman Mengatasi Jamur Bakteri Pada Tanaman Karet

Cara aman mengatasi jamur bakteri pada tanaman karet – Ketika kita memiliki usaha di bidang perkebunan karet ada beberapa kendala yang sering muncul dan bisa dikatakan cukup serius dalam perkebunan karet. Salah satu kendala yang sering muncul adalah kerusakan dan kematian pada tanaman. Penyebab kerusakan dan kematian biasanya terjadi karena gangguan hama, penyakit alami karet, maupun gangguan fisik seperti gangguan yang disebabkan oleh bahan kimia yang biasanya berasal dari pupuk pestisida yang digunakan.

Tanaman karet sangat rentan terhadap serangan penyakit jamur akar putih atau Rigidoporus lignosus dan jamur upas. Di sebagian wilayah Sumatera Utara dan Aceh tingkat serangan jamur ini terhadap tanaman karet adalah 4-7%. Jamur Rigidoporus lignosus membentuk tubuh buah yang menyerupai kipas tebal, sedikit berkayu, memiliki zona-zona pertumbuhan, sering kali memiliki struktur serat yang radier dan memiliki tepi yang tipis.

Untuk meghambat pertumbuhan jamur akar putih dan upas pada tanaman karet yang ada di perkebunan, kita dapat melakukan beberapa langkah atau trik pencegahan, diantaranya adalah dengan menggunakan asap cair atau liquid smoke.

Asap cair atau juga sering di kenal dengan liquid smoke merupakan jenis cairan yang mengandung komponen senyawa kimia yang sangat kompleks, terdiri dari aldehid, keton, alkohol, asam karboksilat, ester, furan, turunan piran, fenol, turunan fenol atau senyawa-senyawa fenolat, hidrokarbon, serta senyawa-senyawa nitrogen yang diperoleh melalui proses degradasi termal biomassa yang mengandung lignin, hemiselulosa, dan selulosa dengan sedikit oksigen.

Baca Juga  3 Cara Alami Mengembalikan Kesuburan Tanah

Penggunaan asap cair sebagai obat ramuan mengatasi jamur pada tanaman karet adalah dengan dosis 50 ml yang di campur dengan 1 liter air bersih mampu mengendalikan penyakit jamur akar putih kurang lebih 75%. Penggunaannya campuran asap cair dan air tadi bisa dengan disemprotkan pada pohon karet yang terpapar penyakit jamur sesuai kebutuhan. Resep ini lebih efektif untuk menghambat perkembangan penyakit jamur akar putih pada tanaman karet yang terinfeksi.

Fungsi atau kegunaan asap cair untuk membasmi jamur dan bakteri pada perkebunan karet sebagai koagulan atau bahan pembeku lateks karena sifat asap cair yang antijamur dan antibakteri. Selain sebagai penanganan jamur dan bakteri, asap cair juga bisa digunakan sebagai anti-oksidan, Sehingga kualitas produk karet yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Madaniah toko produsen distributor jual bahan ramuan obat perkebunan harga murah untuk mengatasi bakteri dan jamur akar putih upas pada tanaman karet. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Cara aman mengatasi jamur bakteri pada tanaman karet

Tags: Asap Cair Jamur Bakteri Pada Tanaman Karet Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Cara Aman Mengatasi Jamur Bakteri Pada Tanaman Karet"

    Desinfektan Alami Untuk Sanitasi Kandang Peternakan Ayam
    Desinfektan Alami Untuk Sanitasi Kandang Peternakan Ayam
    3 Langkah Ampuh Mengatasi Hama Thrips Tanaman Padi
    3 Langkah Ampuh Mengatasi Hama Thrips Tanaman
    Obat Alami Mengendalikan Hama Ulat Grayak Tanaman Padi
    Obat Alami Mengendalikan Hama Ulat Grayak Tanaman
    Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman Padi
    Cara Alami Mengatasi Hama Penggerek Batang Tanaman

    Leave a reply "Cara Aman Mengatasi Jamur Bakteri Pada Tanaman Karet"