Cara Alami Membasmi Hama Kutu Daun Tanaman Cabai

Cara Alami Membasmi Hama Kutu Daun Tanaman Cabai

Cara alami membasmi hama kutu daun tanaman cabai – Cabai termasuk tanaman yang paling banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi disisi lain, dalam proses budidaya cabai banyak sekali masalah yang muncul. Salah satu masalah yang sering muncul pada tanaman cabai adalah masalah hama yang menyerang dan  biasanya, hama menyerang bagian daun pada cabai yang nantinya membuat daun cabai keriting. Hal tersebut menyebabkan pertumbuhan tanaman cabai terhambat. Salah satu hama yang menyebabkan penyakit daun keriting pada tanaman cabai adalah hama kutu daun.

Kutu daun atau Afid merupakan jenis serangga kecil pemakan getah tanaman. Kutu daun hidup secara berkelompok (koloni), berwarna hitamcoklat atau hijau. Kutu daun berukuran kecil dan panjangnya antara 1 mili meter sampai 2 mili meter. Kutu daun memiliki peran ganda selain sebagai hama sekaligus sebagai perantara virus. (sumber)

Hama kutu daun biasanya menyerang tanaman pada musim kemarau dan pada daerah tropis terutama daerah dataran rendah hingga menengah. Hama kutu daun memiliki ukuran tubuh yang besar jika dibandingkan dengan hama lain penyebab daun tanaman cabai menjadi keriting. Gejala hama kutu daun bisa ditandai dengan adanya semut bergerombol pada tanaman karena kutu daun bisa mengeluarkan embun madu yang merupakan makanan yang disukai semut. Ciri tanaman cabai yang sudah terjangkit penyakit hama kutu daun adalah daun menjadi keriting dan menghitam.

Biasanya pestisida menjadi pilihan petani untuk membasmi hama kutu daun karena dianggap praktis dan mudah. Akan tetapi, pestisida mengandung bahan kimia yang berbahaya dan jika digunakan secara terus menerus akan berdampak buruk tanaman cabai dan hasil panennya. Ada cara alami yang bisa digunakan sebagai obat untuk membasmi hama kutu daun, yakni dengan menggunakan asap cair liquid smoke. Asap cair ini terbuat dari tempurung kelapa yang termasuk bahan alami, sehingga aman digunakan untuk tanaman.

Baca Juga  7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan Alami

Berikut ini adalah 3 langkah cara alami membasmi hama kutu daun tanaman cabai dengan menggunakan asap cair:

  1. Siapkan asap cair grade c dan air bersih
  2. Campurkan asap cair dan air bersih dengan perbandingan 1:15 (1 bagian asap cair dan 15 bagian air bersih)
  3. Semprotkan campuran tersebut pada tanaman cabai.

Hasil dari penggunaan asap cair liquid smoke pada tanaman cabai bisa dilihat pada 3-4 setelah penyemprotan. Asap cair ini bisa juga untuk mengatasi hama lain penyebab daun tanaman cabai keriting seperti hama tungau dan hama thrips. Madaniah toko produsen distributor jual obat ramuan harga murah. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Cara alami membasmi hama kutu daun tanaman cabai

Tags: Asap Cair Hama Kutu Daun Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Cara Alami Membasmi Hama Kutu Daun Tanaman Cabai"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "Cara Alami Membasmi Hama Kutu Daun Tanaman Cabai"