Bahan Pengawet Alami Makanan Olahan Berbahan Daging

Bahan Pengawet Alami Makanan Olahan Berbahan Daging

Bahan pengawet alami makanan olahan berbahan daging – Daging termasuk bahan pangan yang banyak digunakan untuk membuat berbagai macam produk makanan misalnya, bakso dan sosis serta masih banyak lagi. Disisi lain daging pun bisa langsung seperti dibikin sop, rendang, digoreng, dibakar.

Berdasar pernyataan diatas daging banyak dibutuhkan dikalangan masyarakat terutama untuk hal kuliner. Akan tetapi daging memiliki kelemahan yakni tidak terlalu tahan lama, dan banyak orang yang belum tau cara untuk mengawetkannya agar tahan agak lama.

Pengawetan dengan bahan pengawet daging adalah cara yang sering digunakan. Namun banyak pihak yang tidak bertanggung jawab menggunakan bahan pengawet yang dilarang oleh BPOM untuk makanan dari daging seperti formalin. Penggunaan bahan pengawet formalin dapat digantikan dengan asap cair liquid smoke, karna harganya yang cukup murah dan alami, penggunaannya ke produk pangan dari daging pun gampang, aman dan efektif jika digunakan sesuai dengan kadar yang telah ditentukan.

Untuk bahan pengawet alami makanan olahan berbahan daging biasanya menggunakan asap cair grade 1 dan asap cair grade 2. Untuk mengawetkan bakso misalnya, kita dapat menggunakan asap cair grade 1. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Siapkan asap cair grade 1 dan air 1liter
  2. Campurkan 5 ml asap cair dengan 1 liter air adonan bakso
  3. Gunakan campuran tadi untuk membuat adonan bakso
Baca Juga  Obat Ampuh Alami Mengobati Penyakit Kutu Air

Dan untuk mengawetkan sosis kita juga dapat menggunakan grade 1, dengan beberapa langkah mudah sebagai berikut:

  1. Siapkan asap cair grade 1
  2. Siapkan adonan sosis sebanyak 40kg
  3. Campurkan 5cc asap cair kedalam adonan, lalu campur merata.

Asap cair terbuat dari bahan alami sehingga aman jika digunakan pada makanan. Asap cair merupakan suatu hasil pengembunan dari uap hasil pembakaran dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbonlainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, tempurung kelapa, sekam, serbuk gergaji kayu, dan lain sebagainya.

Dalam asap cair mengandung senyawa fenol yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga dapat menghambat kerusakan pangan. Dan kandungan asam pada asap cair juga sangat efektif dalam mematikan dan menghambat pertumbuhan mikroba pada produk makanan, dengan menurunnya jumlah bakteri dalam produk makanan maka kerusakan pangan oleh mikroorganisme dapat dihambat sehingga meningkatkan umur simpan produk pangan.

Madaniah toko produsen distributor jual bahan ramuan obat resep harga murah untuk pengawetan makanan dari olahan berbahan daging seperti bakso atau sosis. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Bahan pengawet alami makanan olahan berbahan daging

Tags: Asap Cair Bahan Pengawet Alami Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Bahan Pengawet Alami Makanan Olahan Berbahan Daging"

    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan
    7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan Alami
    7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan
    Desinfektan Alami Untuk Sanitasi Kandang Peternakan Ayam
    Desinfektan Alami Untuk Sanitasi Kandang Peternakan Ayam
    3 Langkah Ampuh Mengatasi Hama Thrips Tanaman Padi
    3 Langkah Ampuh Mengatasi Hama Thrips Tanaman

    Leave a reply "Bahan Pengawet Alami Makanan Olahan Berbahan Daging"