Bahan Obat Pengawet Alami Untuk Ikan

Bahan Obat Pengawet Alami Untuk Ikan

Bahan obat pengawet alami untuk ikan – Saat ini indonesia sedang gencar-gencarnya mensosialisasikan konsumsi ikan laut. Seperti yang kita ketahui ikan adalah sumber makanan bergizi tinggi, kandungan protein serta omega-3 pada ikan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh kita. Akan tetapi, ikan termasuk bahan makanan yang cepat busuk serta tidak layak konsumsi. Oleh karena itulah, perlu adanya pengawetan pada ikan agar memiliki waktu simpan yang cukup lama tanpa mengalami kebusukan.

Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab dengan menggunakan bahan pengawet yang dilarang oleh BPOM untuk makanan seperti formalin. Penggunaan formalin kini dilarang karena dapat menimbulkan penyakit yang membahayakan manusia. Dewasa ini, seiring dengan kemajuan teknologi di temukan cara alami yang aman sebagai pengganti formalin yakni dengan menggunakan asap cair atau liquid smoke. Kelebihan asap cair adalah terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya, harganya cukup murah dan aman untuk makanan.

Penggunaan asap cair ini bisa berguna untuk nelayan pasalnya, hanya dengan 3/4 gelas aqua atau setara dengan 150 ml asap (cair grade 2) dalam 1 liter air bersih mampu mengawetkan ikan selama 2 hari, dan jika disimpan dalam suhu es mampu awet selama 12 hari.

Asap cair liquid smoke yang digunakan untuk mengawetkan ikan adalah asap cair grade 2. Berikut ini adalah cara cepat penggunaan asap cair sebagai bahan obat pengawet alami untuk ikan :

  1. Tuangkan asap cair 150 ml dalam air 1 liter.
  2. Ambil ikan segar yang baru ditangkap lalu rendam dalam air yang sudah di campur dengan asap cair selama kurang lebih 3 menit, Kemudian ikan segar ditiriskan.
  3. Lalu simpan ikan dalam es yang sudah dihancurkan dengan perbandingan dengan ikan yang disimpan kemudian diberi garam sedikit agar es tidak cepat mencair.

Asap cair grade 2 bisa juga digunakan untuk pengawetan selain ikan yakni bisa digunakan untuk proses pengawetan daging. Asap cair atau liquid smoke merupakan suatu hasil pengembunan dari uap hasil pembakaran dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbonlainnya. Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, tempurung kelapa, sekam, serbuk gergaji kayu, dan lain sebagainya. Dalam asap cair mengandung senyawa fenol yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga dapat menghambat kerusakan pangan. Dan kandungan asam pada asap cair juga sangat efektif dalam mematikan dan menghambat pertumbuhan mikroba pada produk makanan, dengan menurunnya jumlah bakteri dalam produk makanan maka kerusakan pangan oleh mikroorganisme dapat dihambat sehingga meningkatkan umur simpan produk pangan.

Madaniah toko produsen distributor jual bahan ramuan obat resep asap cair harga murah untuk mengawetkan ikan dan daging secara alami pengganti formalin dan boraks. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

Bahan obat pengawet alami untuk ikan

Tags: Asap Cair Pengawet Alami Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "Bahan Obat Pengawet Alami Untuk Ikan"

    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin
    Bahan Pengawet Alami Pengganti Formalin Bahan pengawet
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks
    Ramuan Obat Pengawet Alami Pengganti Boraks Ramuan
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit E.Coli  Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan Ayam
    Obat Alami Mencegah Penyakit Malaria Pada Peternakan

    Leave a reply "Bahan Obat Pengawet Alami Untuk Ikan"