7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan Alami

7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan Alami

7 cara pengawetan ikan tongkol dengan bahan alami- Ikan termasuk salah satu bahan makanan yang digemari masyarakat Indonesia karena banyak sekali makanan yang bisa diolah dengan berbahan dasar ikan. Ikan termasuk sumber makanan dengan mutu yang tinggi karena kandungan seperti protein dan omega-3 yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh manusia. Salah satu jenis ikan ekonomis yang kaya akan kandungan nutrisi yang bermanfaat adalah ikan tongkol. Manfaat ikan tongkol bagi kesehatan yakni adanya kandungan omega-3 yang bisa menjaga kesehatan mata, melindungi saluran pencernaan dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi ikan tongkol bisa mencegah anemia karena kandungan zat besinya.

Kandungan nutrisi pada ikan tongkol bisa berkurang apabila ikan mengalami pembusukan padahal ikan termasuk bahan makanan yang cepat sekali mengalami kebusukan karena daya simpan tidak lama setelah dikeluarkan dari air. Cara untuk tetap mempertahan nutrisi pada ikan adalah dengan mengawetkan ikan agar memiliki daya simpan yang lebih lama. Akan tetapi, pengawetan dengan menggunakan bahan kimia justru bisa merusak kandungan nutrisi yang ada dan menimbulkan masalah baru karena bisa membahayakan tubuh manusia. Karena masalah itulah, ada solusi efektif dan cukup ampuh untuk mengawetkan ikan yakni dengan menggunakan ramuan obat asap cair liquid smoke.

Asap cair (bahasa Inggris: wood vinegar, liquid smoke) merupakan suatu hasil kondensasi atau pengembunan dari uap hasil pembakaran secara langsung maupun tidak langsung dari bahan-bahan yang banyak mengandung lignin, selulosa, hemiselulosa serta senyawa karbon lainnya.[1] Bahan baku yang banyak digunakan antara lain berbagai macam jenis kayu, bongkol kelapa sawit, tempurung kelapa, sekam, ampas atau serbuk gergaji kayu dan lain sebagainya. Selama pembakaran, komponen dari kayu akan mengalami pirolisa menghasilkan berbagai macam senyawa antara lain fenol, karbonil, asam, furan, alkohol, lakton, hidrokarbon, polisiklik aromatik dan lain sebagainya.[2] Asap cair mempunyai berbagai sifat fungsional, seperti ; untuk memberi aroma, rasa dan warna karena adanya senyawa fenol dan karbonil ; sebagai bahan pengawet alami karena mengandung senyawa fenol dan asam yang berperan sebagai antibakteri dan antioksidan[3]; sebagai bahan koagulan lateks pengganti asam format serta membantu pembentukan warna coklat pada produk sit. (sumber)

Asap cair yang digunakan untuk pengawetan ikan tongkol adalah asap cair grade 2. Berikut ini adalah resep 7 cara pengawetan ikan tongkol dengan bahan alami menggunakan asap cair:

  1. Siapkan bahan terlebih dahulu yakni Asap cair grade 2, ikan tongkol (2kg), garam dan air bersih
  2. Bersihkan ikan terlebih dahulu hingga bersih
  3. Jemur ikan selama beberapa menit setelah dibersihkan
  4. Belah ikan dengan cara memanjang
  5. Membuat campuran bahan yakni dengan 50 ml asap cair, 1 liter air bersih, 50 gr garam.
  6. Rendam ikan yang sudah dibelah dengan campurah bahan tadi selama 15 menit
  7. Masak atau Panggang ikan dengan oven kurang lebih 1-2 jam

Takaran diatas disesuaikan dengan jumlah ikan yang akan dimasak, sehingga bisa disesuaikan sesuai selera dan kebutuhan. Pengawetan ikan dengan asap cair aman karena terbuat dari bahan alami. Selain itu, penggunaan asap cair bisa mengurangi bakteri yang ada pada ikan.  Pengawetan dengan asap cair seperti cara diatas bisa diaplikasikan juga untuk ikan nila, pari segar dan manyung.

Madaniah toko produsen distributor ramuan obat alternatif untuk bahan pengawet pengganti formalin dan boraks. Untuk mengetahui daftar harga terbaru asap cair liquid smoke, silahkan klik disini. Untuk mendapatkan penawaran menarik dan info terbaru dari kami, silahkan klik alamat madaniah untuk mengetahui tempat dan alamat nomor kontak telepon kami.

 

Tags: Asap Cair Bahan Pengawet Alami Pengawet Alami Produsen Asap Cair

author
Author: 

    Related Post "7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan Alami"

    Obat Penghilang Bau Kotoran Kandang Ayam dan Bebek
    Obat Penghilang Bau Kotoran Kandang Ayam dan
    Proses Pengolahan Karet Alam Menggunakan Asap Cair
    Proses Pengolahan Karet Alam Menggunakan Asap Cair
    Cara Pemakaian Asap Cair Untuk Pengolahan Karet Alam
    Cara Pemakaian Asap Cair Untuk Pengolahan Karet
    Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan
    Cara Alami Menghilangkan Bau Kandang Peternakan Cara

    Leave a reply "7 Cara Pengawetan Ikan Tongkol Dengan Bahan Alami"